Aksos HMP UGM Gelar Senam Sehat Lansia dan Pemeriksan Kesehatan Gratis di Dukuh Sambirejo Sleman

- 21 Mei 2024, 11:08 WIB
Pemeriksaan kesehatan gratis untuk lansia di Dusun Sumberejo Sleman
Pemeriksaan kesehatan gratis untuk lansia di Dusun Sumberejo Sleman /Aksos HMP UGM/

KABAR SLEMAN - Divisi Aksi Kesehatan Sosial (AKSOS) Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (HMP UGM) kembali mengadakan kegiatan lansia sehat (Kasihat), Minggu, 12 Mei 2024.

Program Kasihat yang dilaksanakan di Dukuh Sambirejo, Selomartani, Sleman, Yogyakarta, dengan mengusung tema “ Maju Bersama Usia Menuju Lansia Sehat”. Program ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu senam lansia sehat dan pemeriksaan kesehatan gratis yang ditujukan bagi warga lansia di daerah tersebut yang merupakan desa binaan Aksos HMP UGM.

Kegiatan diawali dengan dibuka oleh Ketua Penanggung Pawab Program Arvia SKep Ns yang menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya program Kasihat. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan antropometri dan tekanan darah yang diikuti oleh sebanyak 38 lansia.

Baca Juga: Kenalkan Warisan Budaya: Aksos HMP UGM Yogyakarta Bekreasi Batik dengan SDN Kertirejo, Sleman

Tujuannya untuk mengidentifikasi jumlah lansia yang memiliki potensi mengalami darah tinggi yang nantinya menjadi tolak ukur dalam kegiatan AKSOS divisi kesehatan selanjutnya.

Kemudian dilanjutkan senam lansia yang dipandu oleh Caecilia Dwi Mayastuti, SFtr.Ftr selaku instruktur senam. Pada kesempatan yang sama Caecelia menyampaikan manfaat yang diperoleh lansia dalam melakukan aktivitas fisik seperti senam lansia terhadap tekanan darah. Menurutnya, usia lanjut merupakan populasi yang berisiko mengalami hipertensi atau darah tinggi.

Selain pemeriksaan tekanan darah, juga dilakukan pemeriksaan gula darah pada lansia, pada kegiatan kali ini divisi kesehatan menggandeng kader Posyandu Dukuh Sambirejo, sebagai upaya memberdayakan kader sebagai wujud implementasi dari pelatihan kader Posyandu yang telah dilaksanakan sebelumnya pada 02 Maret 2024 lalu.

Baca Juga: Aksos HMP UGM 2024 Adakan Pelatihan Kader Posyandu di Dukuh Sambirejo, Sleman

Sebanyak 6 orang kader dilibatkan dalam kegiatan ini sebagai tim anamnesa dan petugas yang memeriksa tekanan darah dan gula darah lansia, dengan didampingi oleh panitia divisi kesehatan. Diharapkan dengan pemberdayaan kader dalam kegiatan seperti ini dapat meningkatkan keterampilan dalam mendukung upaya peningkatan kesehatan masyarakat khususnya lansia.

Lanisa di Dusun Sambirejo Sleman mengikuti senam yang diinisiasi oleh Aksos HMP UGM
Lanisa di Dusun Sambirejo Sleman mengikuti senam yang diinisiasi oleh Aksos HMP UGM

Halaman:

Editor: Boim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah