Antisipasi TPA Piyungan Tutup Permanen, DLH Sleman Genjot Pembangunan Akses Truk Sampah ke TPST Sendangsari

- 19 April 2024, 18:52 WIB
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Epiphana Kristyani.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman Epiphana Kristyani. /ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

KABAR SLEMAN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman, terus menggenjot pembangunan akses truk pengangkut sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Sendangsari Minggir agar dapat beroperasi dan mampu mengolah sampah secara optimal.

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu TPA Piyungan di Kabupaten Bantul yang selama ini dikelola Pemerintah Provinsi DIY ditutup secara permanen.

"Saat ini di Sleman sudah mulai beroperasi TPST Tamanmartani di Sleman timur dan TPST Sendangsari di Sleman barat, namun untuk Sendangsari belum optimal karena masih tahap uji coba serta SDM dan peralatan yang relatif baru," kata Kepala DLH Kabupaten Sleman Epiphana Kristyani, Jumat, 19 April 2024.

Baca Juga: TPST Sendangsari Sleman Siap Beroperasi Awal Maret 2024

Selain itu, dalam upaya pengelolaan sampah, pihaknya juga akan segera membangun dua TPST di Sleman tengah untuk menampung sampah rumah tangga di wilayah itu.

"Namun yang lebih utama adalah kami terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar dapat mengelola sampah secara mandiri, baik di tingkat rumah tangga maupun lingkungan," katanya.

Ketua Komisi C DPRD Sleman Rahayu Widi Nuryani mendorong Pemkab Sleman agar segera mengoperasionalkan TPST Sendangsari Minggir sehingga permasalahan sampah di Kabupaten Sleman bisa teratasi.

Baca Juga: TPST Tamanmartani di Sleman Dipastikan Tidak Akan Mencemari Lingkungan Sekitar

"Setelah beroperasinya TPST Tamanmartani, kami harapkan agar TPST Sendangsari segera dioptimalkan agar dapat mengatasi sampah rumah tangga di Sleman jika TPA Piyungan ditutup permanen," katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah mendapat informasi dari DLH Sleman bahwa TPST Sendangsari Minggir sudah beroperasi sejak 2 April 2024, hanya memang belum optimal karena SDM di TPST tersebut masih baru dan masih butuh pelatihan.

Halaman:

Editor: Boim


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah